CONTOH MAKALAH
Berikut adalah contoh makalah yang baik dan benar :
seperti biasa untuk kata pengantar dan daftar isi pasti uda tau lah ya
KATA PENGANTAR
Puji
syukur kami ucapkan kehadirat Allah SWT atas segala rahmat-Nya sehingga makalah
ini dapat tersusun sampai dengan selesai. Tidak lupa kami mengucapkan terima
kasih terhadap bantuan dari pihak yang telah berkontribusi dengan memberikan sumbangan
baik pikiran maupun materinya.
Penulis sangat berharap semoga
makalah ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman bagi pembaca. Bahkan kami
berharap lebih jauh lagi agar makalah ini bisa pembaca praktekkan dalam
kehidupan sehari-hari.
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR......................................................................... i
DAFTAR
ISI ....................................................................................... ii
BAB I :PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang..................................................................... 1
1.2
Rumusan Masalah ............................................................... 1
1.3
Tujuan Penulisan.................................................................. 1
1.4
Manfaat ............................................................................... 1
BAB II :PEMBAHASAN
2.1
Pengertian Iklan Media Cetak ............................................. 2
2.2 Ciri-ciri
Iklan Media Cetak ................................................. 2
2.3 Beberapa
Contoh Dari Iklan Media Cetak........................... 2
2.4 Contoh
Dari Iklan Media Cetak........................................... 3
BAB III :PENUTUP
3.1 Kesimpulan
.......................................................................... 6
DAFTAR
PUSTAKA ......................................................................... 7
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Walau
terlihat mudah sebagian dari kalian pasti bertanya-tanya, apa yang dimaksud dengan iklan media cetak? Apa bedanya dengan
iklan biasa? Sebelumnya, kita perlu tahu pengertian iklan.
Iklan
adalah sebuah informasi yang memiliki tujuan untuk mensugesti, mendorong, atau
memberikan pengaruh kepada masyarakt atau semua orang yang melihat/membacanya
agar tertarik pada jasa atau produk yang ditawarkan.
1.2 Perumusan Masalah
Dengan memperhatikan latar belakang
tersebut, agar dalam penulisan ini penulis memperoleh hasil yang diinginkan,
maka penulis mengemukakan beberapa
rumusan masalah. Rumusan masalah itu adalah :
1.
Apakah yang dimaksud Iklan media
cetak ?
2.
Bagaimana ciri-ciri dari iklan media cetak ?
3.
Bagaimana contoh dari iklan media cetak ?
1.3 Tujuan
Tujuan dari penyusunan makalah ini
antara lain:
1.
Untuk memenuhi tugas.
2.
Untuk mengetahui apa itu Iklan
media cetak
3.
Untuk mengetahui ciri-ciri iklan
media cetak
4.
Untuk mengetahui contoh dari
iklan media cetak
1.4 Manfaat
Manfaat yang didapat dari makalah ini
adalah:
1.
siswa/siswi dapat menambah wawasan
pengetahuan mengenai macam-macam
iklan
2.
siswa/siswi dapat mengetahui bagai mana ciri-ciri iklan media cetak
3.
siswa/siswi dapat mengetahui contoh dari ilan media cetak
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Iklan Media Cetak
Dikutip
dari Wikipedia, Iklan atau dalam bahasa Indonesia formalnya pariwara adalah
segala bentuk pesan promosi benda seperti barang, jasa, produk jadi, dan ide
yang disampaikan melalui media dengan biaya sponsor dan ditunjukan kepada
sebagian besar masyarakat.
Jadi,
iklan media cetak adalah iklan yang dikampanyekan atau disebarluaskan melalui
media cetak. Sedangakan arti media cetak adalah semua bentuk media yang
tertulis berbentukan cetakan, contohnya yaitu tabloid, koran, surat kabar,
majalah, dan lain-lain.
2.2 Ciri-ciri Iklan Media Cetak
Berikut adalah beberapa ciri-ciri iklan
media cetak, yaitu:
·
Iklan
media cetak dibatasi
oleh kolom dan baris.
·
Iklan
media cetak biasanya
cenderung ditulis menggunakan bahasa yang formal.
·
Kalimat
dalam Iklan media cetak bisa panjang dan rinci.
2.3 BeberapaContoh Iklan Media Cetak
·
Iklan Baris,
·
Iklan
Penawaran,
·
Iklan
Makanan,
·
Iklan Produk,
·
Iklan
Layanan Masyarakat,
·
Iklan Kolom,
·
Iklan
Lowongan Kerja,
·
Iklan Jasa,
·
Iklan
Berbahasa Jawa,
·
Iklan
Komersial, dsb.
2.4 Cotoh dari Iklan Media Cetak
Diantara
teman-teman yang masih sekolah pasti pernah menemui pertanyaan sebutkan
contoh iklan media cetak. Berikut
kami jelaskan mengenai iklan-iklan tersebut beserta gambar iklan media cetak:
·
Iklan Baris

Contoh iklan
media cetak yang pertama yaitu iklan baris. Iklan baris biasanya terdapat pada
koran dan hanya terdiri dari 3-5 baris saja.
Karena
jumlah karakter yang terbatas, pengiklan didorong untuk membuat iklan yang
singkat, padat, dan jelas. Karena keterbatasan tersebut, tidak jarang pengiklan
menggunakan singkatan-singkatan agar semua informasi bisa disampaikan.
·
Iklan Penawaran

Iklan
penawaran adalah salah satu contoh iklan media cetak yang bertujuan untuk
mempromosikan suatu produk atau jasa kepada masyarakat, dan biasanya terdapat
penawaran lain daripada produk yang biasa dijual. Penawaran ini dapat berupa
diskon, beli sekian gratis satu buah produk, beli sekian gratis produk lain,
dan sebagainya.
Contoh iklan
penawaran yang berupa produk yaitu iklan makanan, iklan minuman, iklan perabot
rumah tangga, dan lain-lain.
·
Iklan Produk

Iklan produk
atau bisa juga disebut dengan iklan niaga adalah salah satu jenis iklan yang
fokus bertujuan untuk menarik masyarakat agar membeli produk yang di tawarkan.
Kunci utama
dari iklan produk adalah tagline, slogan, atau kata-kata out of the box yang
membuat siapapun yang membaca langsung tertarik dengan produk tersebut.

Iklan
makanan sebenarnya masih termasuk dalam kategori iklan produk atau iklan niaga.
Hanya saja, poin penting dari iklan makanan adalah gambar iklan dari produk
makanan yang dijual.
Karena
biasanya orang akan tertarik untuk membeli makanan karena gambar pada iklan
makanan tersebut terlihat sangat lezat. Iklan makanan yang termasuk contoh
iklan media cetak biasanya berupa poster atau selebaran pamflet.
·
Iklan Jasa

Salah satu
jenis iklan iklan lainnya yaitu iklan jasa. Iklan jasa sebenarnya sama dengan
iklan komersial lainnya, hanya saja yang ditawarkan disini adalah jasa, bukan
produk.
Iklan jasa
cenderung lebih informatif karena walaupun jasa yang ditawarkan sama, akan
tetapi waktu, fasilitas, jam buka, atau alat yang digunakan bisa saja berbeda.
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Setelah memperhatikan isi dalam
pembahasan di atas, maka dapat penulis tarik kesimpulan sebagai berikut:
Iklan yang
baik adalah iklan yang menarik mata bagi siapapun yang pertama kali melihatnya.
Terkadang, iklan membutuhkan informasi yang padat dan lengkap seperti iklan
lowongan kerja, namun terkadang juga hanya berupa desain yang menarik tanpa ada
banyak kata seperti iklan komersial yang banyak beredar saat ini.
Hampir semua
iklan bisa termasuk dalam contoh iklan media cetak. Hanya saja, beberapa iklan
lebih cocok dan efektif apabila di sebarkan pada media digital seperti website,
media sosial, atau televisi.
DAFTAR PUSTAKA
Putut Wijaya,S.T. 2020. ”Contoh Media Cetak”, https://www.ukulele.co.nz/contoh-iklan-media-cetak/, diakses pada
tanggal 08 October 2021 10.21.
Komentar
Posting Komentar